Jumat, 03 Januari 2020

Belum Terlambat, Ini 5 Tahap Merawat Kulit Rusak Akibat Sinar UV

Kamu baru tahu pentingnya tabir surya? Atau kamu gak sempat pakai tabir surya karena super sibuk? Kamu pasti sudah menyadari kerusakan pada kulitmu akibat terpapar sinar matahari, mulai dari kulit menggelap, bintik-bintik hitam, sampai muncul garis-garis halus dan keriput. Lalu, apakah sudah terlambat bagimu memperbaiki kulit?

Para ahli punya pendapat yang berbeda-beda tentang hal ini. Ada yang bilang bisa, mungkin, atau tidak bisa alias kerusakannya permanen. Terlepas dari pendapat-pendapat tersebut, kamu tentu saja gak akan membiarkan kulitmu begitu saja, kan? Kamu masih bisa melakukan sesuatu untuk bantu mengembalikan kesehatan kulitmu. Berikut lima tahap dasarnya yang gak boleh kamu lewatkan!

1. Mulai rajin pakai tabir surya

Foto oleh freepik di Freepik
Foto oleh freepik

Untuk menghindari kerusakan lebih parah, kamu wajib rajin pakai tabir surya mulai sekarang. Tak peduli ketika hari sedang cerah atau mendung, tak peduli kamu beraktifitas di dalam atau luar ruangan. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan SPF lebih dari 30 bagi kamu yang beraktivitas lama di luar ruangan. SPF 30 adalah tingkatan minimal yang disarankan untuk melindungi kulitmu dengan baik.

Para ahli menyarankan untuk mengaplikasikan setengah sendok teh (2,4 ml) pada wajah dan leher, satu sendok teh (4,9 ml) pada kedua tangan, dan satu sendok teh pada masing-masing kaki. Sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Biarpun pakai tabir surya, kamu tetap harus menghindari sinar matahari sebisa mungkin. Gunakan pakaian tertutup dan selalu cari tempat teduh.

2. Gunakan produk perawatan kulit mengandung antioksidan

Foto oleh Racool_studio di Freepik
Foto oleh Racool_studio

Bahan-bahan antioksidan dalam produk perawatan kulit bisa memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar UV. Cari produk yang mengandung vitamin A atau retinol, B3 atau niacinamide, C, E, polyphenol, dan lain-lain.

Bahan antioksidan akan menstimulasi produksi kolagen, mengurangi garis halus dan keriput, mengurangi pigmentasi berlebih, hingga mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Diet antioksidan

Foto oleh freepik

Gak cuma lewat produk perawatan kulit, kamu juga perlu rutin makan makanan mengandung antioksidan. Perbanyak makan sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan untuk dapat asupan vitamin A, C, dan E yang paling efektif memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, kamu juga bisa makan makanan mengandung lemak tak jenuh dan omega-3. Kandungan ini bisa bantu menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Makan ikan tuna, sarden, mackerel, salmon, kacang walnut, alpukat, dan lain-lain untuk dapat asupan omega-3 dan lemak sehat.

4. Rutin mengelupas sel kulit mati

Foto oleh freepik

Mengelupas sel kulit mati atau eksfoliasi akan meluruhkan sel-sel kulit mati sehingga memunculkan sel kulit baru yang sehat. Dengan begini, produk perawatan kulit yang kamu gunakan bisa terserap dengan baik. Namun, kamu perlu ekstra menjaganya dari sinar matahari karena sel kulit baru cenderung sensitif.

Menggunakan bahan kimia seperti AHA dan BHA adalah cara paling ringan dan aman untuk ekfsoliasi, sehingga bisa kamu gunakan setiap hari bila sudah terbiasa. Sementara eksfoliasi secara manual atau fisik dengan butiran scrub disarankan hanya dilakukan paling tidak seminggu sekali.

5. Selalu jaga kelembapan kulit

Foto oleh pressfoto

Melembabkan kulit adalah salah satu hal yang paling tidak bisa diganggu gugat selain menggunakan tabir surya. Kelembapan kulit harus senantiasa dijaga supaya tetap sehat, kenyal dan kencang, juga mengurangi tampilan garis halus dan keriput. 

Sinar matahari bisa merampas kelembapan kulitmu. Jadi, pastikan kamu memilih tabir surya yang juga memberikan kelembapan, atau paling tidak, kamu menggunakan pelembap sebelum menggunakan tabir surya. Jangan lupa juga untuk selalu minum air putih cukup dan makan buah-buahan yang mengandung banyak air.

Nah, lakukan lima tahap di atas secara konsisten untuk mengembalikan kesehatan kulitmu. Kamu mungkin gak akan melihat hasilnya secara instan, tapi kulitmu akan berterima kasih atas perawatan yang kamu lakukan!

Sumber:

1 komentar: