Jumat, 12 Juli 2019

Kebiasaan Membaca Buku Termasuk Resolusimu Tahun Ini? Nih Tips Buatmu!

Foto oleh Joao Silas di Unsplash

Membaca buku itu gampang-gampang susah. Terhanyut dalam informasi dan imajinasi memang terdengar tak butuh banyak tenaga, tapi bagi kamu-kamu yang sibuk atau cenderung sulit fokus karena beberapa hal, membaca bisa jadi kegiatan yang membuatmu berpikir 'ah, nanti saja'.
Lalu, bagaimana dengan kamu yang beresolusi membiasakan baca buku pada tahun 2019 ini? Atau kamu yang perlu banget baca buku-buku buat kepentingan pendidikan dan pekerjaan? Tenang saja! Ada tips buat kamu yang ingin membiasakan diri membaca buku. Apa saja? Disimak, ya!

1. Pahami bahwa membangun kebiasaan membaca buku butuh waktu

Kamu tidak bisa membangun kebiasaan membaca dalam waktu sepekan saja. Kamu akan butuh berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan untuk terbiasa.
Sebuah penelitian menemukan rata-rata waktu yang dibutuhkan seseorang untuk terbiasa dengan kebiasaan baru adalah 66 hari. Itu artinya kamu butuh setidaknya dua bulan. Tentunya hal ini juga bervariasi tergantung individu, bisa lebih singkat atau bahkan lebih lama.
Intinya, kamu perlu bersabar dan konsisten.

2. Mulai dengan target membaca sederhana

Gak usah malu! Target minimal satu halaman per hari! Gak masalah!
Target besar di awal-awal malah akan membuatmu kaget dan patah semangat. Apalagi di tengah-tengah rutinitas padat, target besar akan membuatmu mudah menyerah dan menunda-nunda. 
Memulai dengan target kecil ada baiknya juga, lho. Dengan target kecil, kamu akan selalu mendapat dorongan bahwa kamu mampu melakukannya. Tanpa terasa, kamu malah terbiasa membaca lebih dari yang ditargetkan.

3. Buat catatan atau pengingat di tempat yang sering kamu lihat

Selalu ingatkan dirimu untuk membaca. Kamu perlu membuat catatan atau pengingat di tempat yang sering kamu lihat, seperti smartphone, komputer atau laptop, dinding kamar, meja kerja, dan lain-lain. Dengan cara ini, kamu jadi tidak punya alasan untuk lupa. 

4. Jadikan membaca buku salah satu prioritasmu

Kalau kamu sungguh-sungguh atau memiliki alasan penting untuk membaca buku, ada baiknya kamu menjadikannya sebagai salah satu prioritasmu. Sisipkan kegiatan membaca di antara prioritas-prioritasmu yang lain supaya tidak ketinggalan. Dengan begini, kamu tidak tergoda untuk melakukan hal lain. Kamu akan langsung membaca begitu ada waktu senggang, atau lebih baik lagi, menyediakan waktu khusus untuk membaca yang tak bisa diganggu gugat.
Setelah target membaca harian terpenuhi, kamu bisa fokus mengerjakan prioritas lain.

5. Naikkan target membaca buku secara bertahap

Setelah berhasil mencapai target selama kurun waktu tertentu, katakanlah dua minggu, kamu bisa mulai menaikkan target. Dari satu halaman menjadi tiga atau lima halaman. Dari lima halaman, menjadi delapan halaman. Sesuaikan dengan kemampuan dan jadwal keseharianmu. Jangan sampai target baru membuatmu tertekan.

6. Beri hadiah untuk dirimu sendiri

Jangan lupa menghargai dirimu sendiri setelah memenuhi target! Sediakan hadiah yang membuatmu senang, entah dalam bentuk makanan atau hanya sekadar melakukan hal lain. Contohnya, kamu bisa menyediakan camilan khusus sebagai hadiah membaca tiga halaman selama seminggu berturut-turut, atau kamu dapat waktu bermain gim tambahan selama sejam setelah berhasil menyelesaikan satu bab.
Dengan begini, kerja kerasmu terasa terbayar dan kamu akan menjadi lebih semangat mencapai target membaca buku selanjutnya!

7. Posting keberhasilanmu ke media sosial

Rayakan keberhasilanmu dengan mengunggahnya ke media sosial! Kamu bisa berkreasi mengumumkan keberhasilanmu dalam bentuk story, status, atau postingan yang menarik.
Dengan cara ini, orang-orang juga bisa terdorong untuk melakukan kebiasaan serupa, lho. Ada kemungkinan juga mereka akan menanyakan perkembangan kebiasaan membacamu. Mereka bisa bertindak sebagai pengingat dan pemberi semangat.

8. Buat ulasan buku yang sudah kamu baca

Buatlah ulasan untuk buku yang sudah selesai kamu baca. Ini dilakukan untuk mengukur seberapa banyak yang kamu pahami dari buku tersebut. Usahakan untuk menghindari membaca tanpa memahami, ya.
Ulasan tidak perlu bagus dan mendetail, kok. Cukup dengan pendapat pribadimu tentang buku itu, atau seberapa membantu informasi di dalamnya dalam perkembangan pola pikirmu. Ini juga untuk menghargai kerja keras si penulis buku.

Nah, biarpun sudah separuh jalan, tahun 2019 masih belum segera berakhir, kok. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Kamu masih bisa membangun kebiasaan membaca bukumu atau mengejar pencapaian resolusimu yang lain mulai dari sekarang. Semoga kalian berhasil mencapai target dan bisa membaca banyak buku tahun ini!

Bacaan lain:
13 Ways to Cultivate a Lifetime Reading Habit. (Life Hack)
6 Practical Tips to Help You Cultivate a Reading Habit. (Huffpost)
The Importance of Reading Habit in Young Generation. (The Knowledge Review)
Here's Why Your Brain Needs You to Read Every Single Day. (Reader's Digest)

Artikel ini telah terbit di Hipwee (Juli 2019).

0 komentar:

Posting Komentar